Tautan-tautan Akses

AS

Obama: AS Tetap Berkomitmen terhadap Asia


Presiden Barack Obama saat menyampaikan pidato di KTT CEO APEC di Beijing (10/11).

Presiden Barack Obama saat menyampaikan pidato di KTT CEO APEC di Beijing (10/11).

Obama mengumumkan sebuah kebijakan visa yang baru dengan China, Senin (10/11), yang akan memperpanjang masa berlaku visa-visa wisata dan bisnis waktu singkat menjadi 10 tahun, masa berlaku terlama yang diizinkan di bawah undang-undang AS.

Presiden AS Barack Obama telah mengucapkan pidatonya dalam sidang KTT CEO APEC, menyampaikan kepada para pengusaha, bahwa AS benar-benar berkomitmen terhadap Asia.

Obama mengumumkan sebuah kebijakan visa yang baru dengan China, hari Senin, yang akan memperpanjang masa berlaku visa-visa wisata dan bisnis waktu singkat terhadap warga negara masing-masing, dari masa satu hingga 10 tahun, masa berlaku terlama yang diizinkan di bawah undang-undang AS.

Selain itu, perpanjangan validitas visa pelajar dan kunjungan pertukaran dari satu menjadi lima tahun. Persetujuan baru itu akan mulai berlaku 12 November mendatang.

Presiden Obama juga mempromosikan rencana Washington bagi 12 negara yang dijuluki "Kemitraan Trans-Pasifik." Rancangan tersebut kontroversial karena tidak mengikutsertakan China, malahan bersaing dengan rancangan Beijing bagi zona perdagangan bebas Asia.

Presiden Obama tiba di Beijing Senin pagi (10/11), dan diduga akan menghadiri jamuan makan malam dengan Presiden China, Xi Jinping, dan para pemimpin Asia-Pasifik lainnya, untuk kemudian menyaksikan pertunjukan kembang api.

XS
SM
MD
LG