Tautan-tautan Akses

AS

Obama Yakin AS Tak Kalah Melawan ISIS


Presiden Obama mengatakan militer AS tidak kalah melawan militan ISIS (foto: dok).

Presiden Obama mengatakan militer AS tidak kalah melawan militan ISIS (foto: dok).

Presiden Obama mengatakan militer AS tidak kalah melawan militan ISIS, meskipun ISIS menguasai lebih banyak wilayah di Irak dan Suriah.

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika tidak kalah dalam melawan militan ISIS, meskipun kelompok itu semakin menguasai lebih banyak wilayah di Irak dan Suriah.

“Saya pikir kita tidak kalah,” kata Obama dalam wawancara yang diterbitkan majalah The Atlantic hari Kamis (21/5). “Tidak diragukan memang ada kegagalan taktis, terutama karena banyak pejuang milisi bukanlah tentara Irak yang telah dilatih dan diperkuat Amerika.”

Obama mengatakan “proses pelatihan serta sistim komando dan kontrol tentara Irak juga tidak berjalan cukup cepat di propinsi Anbar … di wilayah-wilayah umat Sunni di Irak.”

Dalam beberapa minggu ini, ISIS terus menguasai banyak wilayah baru di Irak dan Suriah, termasuk ibukota Anbar yaitu Ramadi dan kota kuno Palmyra di Suriah. Kelompok teror itu saat ini telah menguasai separuh wilayah Suriah.

Sejauh ini Amerika melawan ISIS dengan ofensif udara di Irak dan Suriah, tetapi menolak untuk mengirimkan pasukan darat.

Dunia internasional juga mengecam ISIS karena menghancurkan banyak benda bersejarah di kota-kota yang mereka kuasai. ISIS menghancurkan banyak tugu dan patung kuno karena menganggapnya sebagai pemujaan dan bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG