Tautan-tautan Akses

AS

Obama: AS Konsultasikan Program Pemantauan dengan Negara Lain


Presiden Obama mengatakan AS berkonsultasi dengan negara-negara lain mengenai program-program pemantauannya (4/9).

Presiden Obama mengatakan AS berkonsultasi dengan negara-negara lain mengenai program-program pemantauannya (4/9).

Presiden Obama mengatakan AS berkonsultasi dengan negara-negara Uni Eropa dan negara-negara lain mengenai program-program pemantauannya.

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika berkonsultasi dengan negara-negara Uni Eropa dan negara-negara lain mengenai program-program pemantauan Amerika, untuk mencegah tindakan mata-mata itu menjadi terlalu intrusif.

Obama mengakui dalam sebuah konperensi pers di Stockholm, Swedia bahwa kemajuan teknologi telah meningkatkan peluang penyalahgunaan.

Pemimpin Amerika ini, presiden pertama yang mengunjungi Swedia, mengatakan fokus program pemantauan Amerika secara internasional tersebut diarahkan ke kepentingan keamanan nasional Amerika, termasuk kontra-terorisme, pengawasan senjata perusak massal dan keamanan cyber, dan bukan untuk memata-matai individu-individu yang tidak ada hubungannya dengan masalah-masalah itu.

Luasnya jangkauan program-program pemantauan rahasia Amerika diketahui publik dalam beberapa bulan terakhir menyusul pengungkapan oleh mantan kontraktor intelijen Amerika Edward Snowden. Snowden kini tinggal di Rusia dengan suaka sementara.

Presiden Rusia menolak permohonan Obama untuk mengusirnya dari Rusia sehingga dapat menghadapi pengadilan di Amerika atas tuduhan spionase.
XS
SM
MD
LG