Tautan-tautan Akses

AS

Obama: AS Dapat Jadi Mitra Terbaik India


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam pertemuan CEO di Hotel Taj Palace di New Delhi, India (26/1). (AP/Carolyn Kaster)

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam pertemuan CEO di Hotel Taj Palace di New Delhi, India (26/1). (AP/Carolyn Kaster)

Ia mengatakan Amerika Serikat ingin bermitra dengan India untuk mengangkat rakyat dari kemiskinan, pertumbuhan lebih jauh indutri dan teknologi dan melawan perubahan iklim.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika Serikat dapat menjadi “mitra terbaik” India ketika ia mengakhiri kunjungan tiga hari di New Delhi, Selasa (27/1).

“India dan Amerika Serikat bukan hanya mitra alami. Saya yakin bahwa Amerika dapat menjadi mitra terbaik India,” kata Obama kepada para kaum muda dalam pertemuan langsung.

Ia mengatakan Amerika Serikat ingin bermitra dengan India untuk mengangkat rakyat dari kemiskinan, pertumbuhan lebih jauh indutri dan teknologi dan melawan perubahan iklim. Ia mengatakan India dapat menjadi agen perubahan yang kuat juga bagi tetangga-tetangganya, terutama dalam mendorong vaksinasi pada anak.

Obama juga menyerukan digalakkannya bahan bakar yang lebih bersih untuk membantu melawan perubahan iklim. Dan ia dengan tegas mengutarakan bahwa India dan Amerika Serikat dapat menyepakati perlunya dunia tanpa senjata nuklir. India dan Amerika Serikat adalah dua di antara beberapa negara di seluruh dunia yang mempunyai senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG