Tautan-tautan Akses

AS

Obama Anugerahkan 'Medals of Freedom' untuk Terakhir Kali


President AS Barack Obama mendapat aplus dari Bill dan Melinda Gates pada upacara Presidential Medal of Freedom di Gedung Putih (22/11).

President AS Barack Obama mendapat aplus dari Bill dan Melinda Gates pada upacara Presidential Medal of Freedom di Gedung Putih (22/11).

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan bahwa para penerima, yang datang dari beragam kalangan, dipilih secara pribadi oleh Obama.

Barack Obama telah menganugerahi penghargaan tertinggi bagi warga sipil untuk terakhir kalinya sebagai presiden AS, menyoroti hasil kerja warga negara Amerika, dari filantropis global Bill dan Melinda Gates sampai atlet legendaris, seniman, aktivis, ilmuwan dan yang lainnya.

Obama memberikan Presidential Medal of Freedom untuk 21 individu dalam upacara di Gedung Putih hari Selasa (22/11). Setiap penerima, kata Obama, telah menyentuhnya dengan cara yang personal dan dahsyat.

"Hari ini kita merayakan warga-warga Amerika yang luar biasa, yang telah mengangkat jiwa kita, memperkuat persatuan kita, mendorong kita ke arah kemajuan," ujar Obama.

Menurut Gedung Putih, medali itu diberikan apada mereka yang telah berkontribusi pada kepentingan dan keamanan negara, perdamaian dunia, budaya, atau karya besar publik dan swasta lainnya.

Gates dan istrinya diberi penghargaan krena membantu meningkatkan dan menyelamatkan banyak nyawa di negara itu dan seluruh dunia lewat Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan itu fokus pada peningkatan kesehatan dan pemberantasan kelaparan dan kemiskinan.

"Hanya sedikit dalam sejarah manusia yang telah lebih berhasil daripada dua orang optimistis dan tidak sabaran ini," ujar Obama.

Penerima anugerah lainnya adalah bintang bola basket legendaris Kareem Abdul-Jabbar dan Michael Jordan.

Abdul-Jabbar dipuji bukan hanya karir olahraganya yang cemerlang, namun juga karena ia merupakan advokat keadilan sosial yang vokal.

Para seniman bernama besar yang menerima medali adalah Cicely Tyson, Tom Hanks, Robert De Niro, Robert Redford, Bruce Springsteen, Diana Ross dan Ellen DeGeneres.

Penerima medali lainnya adalah arsitek Maya Lin, ilmuwan NASA Margaret Hamilton, ahli fisika Richard Garwin, arsitek Frank Gehry, mendiang aktivis suku asli Elouise Cobell, Laksamana Muda Grace Hopper, penulis naskah dan produser Saturday Night Live Lorne Michaels, pengacara Newt Minow, Presiden Miami Dade College (MDC) Eduardo Padron, dan penyiar Vin Scully.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Selasa bahwa para penerima dipilih secara pribadi oleh Obama, dan tidak bisa disangkal lagi bahwa mereka, yang datang dari beragam latar belakang, sangat pantas menerimanya. [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG