Tautan-tautan Akses

Obama: Amerika Tak Bisa ‘Disandera’ Terkait Kebijakan Energi


Presiden Barack Obama memberikan pidato mengenai kebijakan energi AS, di Prince George's Community College di Largo, Maryland (15/3).

Presiden Barack Obama memberikan pidato mengenai kebijakan energi AS, di Prince George's Community College di Largo, Maryland (15/3).

Presiden Obama mengritik tajam saingan-saingan politiknya, menuduh mereka berusaha menempuh kebijakan energi berjalan mundur.

Presiden Amerika Barack Obama menuduh para saingan politiknya berusaha menempuh kebijakan energi berjalan mundur yang akan mengakibatkan Amerika tergantung pada belas kasihan negara-negara lain di dunia.

Obama berkata demikian di depan mahasiswa sebuah community college di dekat Washington hari Kamis, pada saat banyak warga Amerika menghadapi kenaikan cepat harga BBM.

Beberapa kandidat presiden dari Partai Republik telah mengecam Presiden Obama karena tidak berbuat cukup banyak untuk mengembangkan cadangan minyak dan gas bumi dalam negeri, tapi Obama memperingatkan "bahkan jika kita mengebor setiap inci wilayah Amerika, hal itu tidak akan memecahkan masalah."

Obama mengatakan, bahkan jika Amerika memaksimalkan produksi semua potensi cadangan minyaknya, Amerika masih akan tergantung pada minyak asing, dan katanya "kita tidak bisa membiarkan diri kita disandera oleh berbagai peristiwa di belahan lain dunia ... Amerika menentukan nasibnya sendiri."

Presiden Obama memperingatkan pembangunan dan permintaan akan mobil di negara-negara seperti Tiongkok dan India, dan pergolakan di Timur Tengah, hanya akan menaikkan harga minyak.

Ia mengatakan, Amerika perlu fokus pada pengembangan sumber energi alternatif – seperti tenaga surya dan angin – dan menghentikan subsidi besar bagi perusahaan-perusahaan minyak.

XS
SM
MD
LG