Tautan-tautan Akses

Obama: Amerika Lebih Aman 10 Tahun Setelah Invasi Afghanistan


Presiden Obama: Amerika lebih aman dibandingkan 10 tahun yang lalu sebelum invasi ke Afghanistan.

Presiden Obama: Amerika lebih aman dibandingkan 10 tahun yang lalu sebelum invasi ke Afghanistan.

Obama juga menyampaikan penghargaan kepada mereka yang bertugas di Afghanistan, dalam peringatan 10 tahun invasi pimpinan AS.

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika lebih aman satu dasawarsa setelah mulai berkobarnya perang Afghanistan.

Dalam pernyataan hari Jumat memperingati 10 tahun invasi yang dipimpin Amerika ke Afghanistan, Obama menyampaikan penghargaan kepada mereka yang telah bertugas di Afghanistan, termasuk hampir 1.800 tentara Amerika dan banyak tentara Afghanistan dan koalisi yang tewas dalam perang.

Obama mengatakan Amerika mengakhiri perang di Afghanistan dan Irak secara bertanggung jawab, dari posisi kuat. Ia juga mengatakan, Amerika sangat dekat ke tujuan mengalahkan al-Qaida.

Invasi ke Afghanistan dilancarkan kurang dari sebulan setelah serangan teroris 11 September 2001 di Amerika, dengan tujuan memburu pemimpin al-Qaida Osama bin Laden dan menggulingkan Taliban.

Sepuluh tahun kemudian presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, pemerintah Afghanistan dan mitra-mitra internasionalnya gagal menyediakan keamanan.

Dalam wawancara dengan BBC Karzai mengatakan NATO, Amerika dan Pakistan seharusnya terfokus pada memusnahkan tempat perlindungan Taliban pada awal konflik. Karzai mengulangi pernyataan bahwa Taliban didukung elemen-elemen di Pakistan. Islamabad membantah tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG