Tautan-tautan Akses

Obama akan Umumkan Rencana Baru Kurangi Defisit Anggaran


Milyarder Amerika Warren Buffett, yang mengusulkan 'Buffett Rule' berbicara dengan Presiden Obama (foto: dok).

Milyarder Amerika Warren Buffett, yang mengusulkan 'Buffett Rule' berbicara dengan Presiden Obama (foto: dok).

Rencana yang disebut 'Buffett Rule' itu akan mengharuskan orang-orang kaya membayar pajak lebih besar dari kelompok menengah.

Presiden Barack Obama akan mengumumkan rencana baru hari Senin untuk mengurangi defisit anggaran belanja yang besar, termasuk usul pajak penghasilan baru bagi orang-orang yang mempunyai pendapatan lebih dari satu juta dollar per tahun.

Kata para pejabat, rencana yang disebut “Buffett Rule” itu adalah usaha jangka panjang untuk mengurangi defisit dengan mengharuskan orang-orang kaya membayar pajak lebih besar dari yang dibayar oleh kelompok menengah.

Usul itu datang dari milyarder Amerika Warren Buffet yang mengeluh bahwa pajak yang dibayar oleh orang-orang kaya lebih rendah persentasenya dari pajak yang dibayar kelompok menengah, karena pendapatan dari investasi, pajaknya lebih rendah dari pajak atas gaji dan upah.

Kata Gedung Putih, penghasilan pajak baru itu akan merupakan tambahan dari pendapatan pajak 447 milyar dolar yang akan digunakan oleh Presiden Obama untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang perekonomian yang lamban.

Kelompok Partai Republik yang menguasai DPR sejak lama telah mengatakan tidak akan mendukung usaha menaikkan pajak baru, dan minta supaya diadakan pemotongan pengeluaran yang lebih banyak untuk mengurangi defisit anggaran belanja.

XS
SM
MD
LG