Tautan-tautan Akses

AS

Obama Akan Umumkan Keputusan Soal Pengawasan NSA


Presiden Barack Obama saat menyampaikan pidato di Gedung Putih, Washington DC (16/1).

Presiden Barack Obama saat menyampaikan pidato di Gedung Putih, Washington DC (16/1).

Presiden Amerika Barack Obama, akan menjabarkan perubahan-perubahan yang mungkin dilakukan terhadap teknik pengawasan pemerintah yang diungkapkan mantan kontraktor keamanan Edward Snowden, Jumat (17/1).

Pidato Presiden Obama di Departemen Kehakiman Jumat (17/1) yang sudah lama ditunggu-tunggu ini, akan menanggapi 46 rekomendasi yang dibuat sebuah panel kajian khusus yang dibentuk Gedung Putih pada bulan Agustus.

Tidak jelas rekomendasi mana yang akan diterima Obama, namun para analis memperkirakan pemerintah akan mengambil langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki pengawasan dan transparansi untuk membantu meningkatkan kepercayaan domestik dan internasional terhadap aktivitas-aktivitas intelijen Amerika.

Pembocoran informasi rahasia yang dilakukan Snowden (mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA)), telah mendorong terjadinya berbulan-bulan pengungkapan program intelijen rahasia Amerika, termasuk pengumpulan secara acak catatan telepon dan pengawasan internet.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, Kamis (16/1), bahwa pembocoran informasi yang dilakukan Snowden bersifat merusak, namun menegaskan bahwa Obama memandang debat-debat yang dipicu pembocoran informasi itu bisa dibenarkan secara hukum.
XS
SM
MD
LG