Tautan-tautan Akses

AS

Obama akan Tunjuk Ashton Carter sebagai Menhan Baru


Presiden Obama didampingi Wapres Joe Biden mengumumkan Ashton Carter (kiri), sebagai calon Menteri Pertahanan AS yang baru.

Presiden Obama didampingi Wapres Joe Biden mengumumkan Ashton Carter (kiri), sebagai calon Menteri Pertahanan AS yang baru.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan mantan wakil menteri pertahanan Ashton Carter akan dinominasikan sebagai menteri pertahanan yang baru.

Pejabat yang berbicara secara anonim itu mengatakan, Presiden Barack Obama hari Jumat ini akan mengumumkan pilihannya atas Carter, seorang fisikawan dan pakar senjata teknologi tinggi.

Sebagai wakil menteri pertahanan dari tahun 2011 hingga 2013, Carter adalah pejabat tertinggi pembelian senjata Pentagon. Ia disebut-sebut mendapat dukungan dari kedua partai di Washington.

Carter dianggap sebagai calon terkuat untuk posisi menteri pertahanan setelah beberapa lainnya minta tidak ikut dipertimbangkan, termasuk di antaranya Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, Senator Jack Reed, dan mantan pejabat Pentagon Michele Flournoy.

Carter, seorang fisikawan dan pakar senjata teknologi tinggi, menjabat sebagai wakil menteri pertahanan dari tahun 2011 hingga 2013. Sebelumnya, dia adalah pejabat tertinggi pembelian senjata Pentagon selama dua tahun.

Presiden Obama mengatakan, Ash -- panggilan akrab Carter – memiliki “perpaduan yang unik antara perspektif strategis dan pengetahuan teknis.”

Dia dikatakan akan mendapat dukungan bipartisan di Washington, dan jika dikukuhkan oleh Senat, akan menggantikan Chuck Hagel yang mundur di bawah tekanan bulan lalu setelah menduduki jabatan itu selama dua tahun saja.

Para pejabat Gedung Putih secara terbuka membantah memaksa Hagel untuk mundur, tetapi para pejabat lainnya secara tidak resmi mengemukakan bahwa Hagel memang dipaksa mundur.

Bersanding di samping Presiden Obama dan Wakil Presiden Joe Biden hari Jumat, Carter mengatakan jika dikukuhkan, dia berjanji untuk memberi Obama nasihat strategi dan militernya yang paling “jujur.” Dia juga berpidato di hadapan personil militer AS, mengatakan dia berjanji untuk mengabdi dengan “penuh dedikasi” seperti yang mereka tunjukkan setiap hari.



XS
SM
MD
LG