Tautan-tautan Akses

Obama Tandatangani Pencabutan Kebijakan ‘Don’t Ask, Don’t Tell’


Presiden Barack Obama saat menandatangani UU yang memperbolehkan secara terang-terangan warga homoseksual berdinas di militer AS.

Presiden Barack Obama saat menandatangani UU yang memperbolehkan secara terang-terangan warga homoseksual berdinas di militer AS.

Dengan menjadikan RUU ini sebagai undang-undang, para anggota militer AS tidak perlu lagi merahasiakan orientasi seksual mereka.

Presiden Amerika Barack Obama telah menandatangani menjadi undang-undang, peraturan yang akan memperbolehkan secara terang-terangan warga homoseksual untuk berdinas dalam militer, dengan menyebut langkah tersebut sebagai tonggak bersejarah.

Dalam upacara penandatanganan di Washington hari Rabu, Presiden Obama mengatakan pembatalan kebijakan “Jangan Tanya – Jangan Beritahu” itu akan memperkuat keamanan nasional dan menegakkan cita-cita bahwa tentara laki-laki dan perempuan mempertaruhkan nyawa mereka untuk membela bangsa.

Presiden Obama mengatakan warga gay Amerika telah berjuang sekuat generasi sebelumnya dan juga memberikan yang terbaik untuk melindungi bangsa.

Kongres AS menyetujui rancangan undang-undang tersebut pekan lalu.

Namun demikian, Presiden Obama mengingatkan para anggota tentara, undang-undang tersebut tidak akan berlaku segera. Presiden Obama menambahkan kebijakan lama akan tetap berlaku hingga ia, Menteri Pertahanan Robert Gates dan Kepala Staf Gabungan Mike Mullen mengeluarkan sertifikasi atas kesiapan militer untuk menjalankan undang-undang tersebut.

Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan sertifikasi tersebut akan memerlukan waktu beberapa bulan.

Kebijakan “Jangan Tanya – Jangan Beritahu” yang selama ini berlaku, mengharuskan anggota militer untuk merahasiakan orientasi seksual mereka atau menghadapi pemecatan.

XS
SM
MD
LG