Tautan-tautan Akses

AS

Obama akan Seimbangkan Kebijakan AS di Asia Pasifik


Demonstran di pinggir jalan menuju Sunnylands di mana Presiden AS Obama akan menyambut para pemimpin negara ASEAN dalam KTT AS-ASEAN di Rancho Mirage, California, 15 Februari 2016.

Demonstran di pinggir jalan menuju Sunnylands di mana Presiden AS Obama akan menyambut para pemimpin negara ASEAN dalam KTT AS-ASEAN di Rancho Mirage, California, 15 Februari 2016.

Presiden AS Barack Obama akan menyambut para pemimpin 10 negara ASEAN dalam sebuah KTT bersejarah di California hari Senin (15/2), di mana dia akan berupaya mengarahkan kebijakan strategis AS ke Asia Pasifik pada jalur yang mungkin akan berlaku sampai beberapa dasawarsa mendatang.

Obama dan para pemimpin ASEAN itu akan bertemu selama dua hari di resor Rancho Mirage di Sunnylands di mana agenda yang lebih informal direncanakan untuk membahas serangkaian isu penting dan peka namun perlu bagi pergeseran kebijakan AS di kawasan itu.

Gedung Putih memandang peran dan keterlibatan pemimpin AS di kawasan itu penting bagi kesejahteraan dan keamanan negara itu di masa depan.

Negara-negara ASEAN termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. Wilayah yang dinamis dan beragam itu mengalami pertumbuhan besar dan juga peningkatan ketegangan, yang berdampak pada ekonomi dan keamanan global.

Para pejabat pemerintahan mengatakan dengan menjadi tuan rumah KTT ASEAN, Obama berharap untuk mengembangkan rencana kerja bagi tahun terakhir dari masa kepresidenannya, serta ditujukan untuk memajukan upaya menyeimbangkan kebijakan AS dan juga mengirim isyarat kepada pemerintahan mendatang bahwa keterlibatan tingkat tinggi diperlukan bagi AS untuk mengamankan dan menjaga perannya sebagai pemimpin di kawasan.

Perundingan itu akan mencakup cara-cara untuk membangun kerjasama yang lebih erat dalam bidang perdagangan, penerapan perjanjian Kemitraan Trans- Pasifik, meningkatkan hubungan antar perorangan, bekerjasama dalam melawan ekstremisme yang disertai kekerasan, dan menyusun aturan untuk memandu negara-negara dalam beragam isu. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG