Tautan-tautan Akses

AS

Obama akan Sampaikan Pidato soal Perjanjian Nuklir Iran


Presiden AS Barack Obama berencana menyampaikan pidato penting membahas perjanjian untuk mengekang program nuklir Iran (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama berencana menyampaikan pidato penting membahas perjanjian untuk mengekang program nuklir Iran (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama berencana menyampaikan pidato penting akhir pekan ini membahas perjanjian internasional untuk mengekang program nuklir Iran.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan hari Senin (3/8) bahwa Presiden AS Barack Obama akan menyuarakan argumen yang diyakininya penting untuk mendukung perjanjian itu, yang mencegah Iran mengembangkan senjata atom dalam beberapa tahun ke depan dengan imbalan dicabutnya sanksi-sanksi Barat dan PBB yang merugikan negara itu.

Earnest juga mengatakan Presiden Obama yakin Kongres AS harus mendukung upaya diplomasi internasional untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Juru bicara itu mengatakan tidak ada seorang pun yang telah mengajukan pilihan yang sah untuk mengekang program nuklir Iran selain tindakan militer.

Kongres AS sedang meninjau pakta itu dan bulan depan diperkirakan akan memutuskan untuk menerima atau menolaknya. Apabila ditolak, Presiden Barack Obama telah berjanji untuk memveto keputusan Kongres itu. Untuk membatalkan veto itu, Senat dan DPR harus bisa mengumpulkan suara mayoritas dua pertiga. (vm/ii)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG