Tautan-tautan Akses

AS

Obama akan Sampaikan Langkah untuk Redam Kekerasan Bersenjata di AS


Presiden Barack Obama akan menyampaikan langkah-langkah guna meredam kekerasan terkait kepemilikan senjata api di AS (foto: dok).

Presiden Barack Obama akan menyampaikan langkah-langkah guna meredam kekerasan terkait kepemilikan senjata api di AS (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama hari Rabu (16/1) akan mengumumkan apa yang digambarkan Gedung Putih sebagai usul-usul konkrit untuk meredam kekerasan bersenjata di Amerika.

Gedung Putih hari Selasa mengatakan Presiden Obama dan Wakil Presiden Joe Biden akan disertai beberapa anak yang sebelumnya menulis surat kepada Presiden Obama untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas isu tersebut dan tentang keamanan sekolah, pasca penembakan sekolah dasar Sandy Hook di Newtown, negara bagian Connecticut bulan lalu, yang menewaskan 20 siswa dan enam orang dewasa.

Usul-usul konkrit itu didasarkan pada beberapa rekomendasi dari wakil presiden, yang ditunjuk untuk mempelajari isu itu dan bertemu dengan berbagai kelompok untuk membahas aspek yang terkait dalam isu itu.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan kepada para wartawan paket rancangan itu akan mencakup langkah-langkah legislatif dan eksekutif. Ia mengatakan beberapa komponen utama harus mendapat persetujuan kongres. Presiden Obama mengakui adanya pertarungan tajam dalam Kongres yang terpecah karena isu pemilikan senjata. Tetapi hari Senin Obama mengatakan, para anggota Kongres harus “melihat hati nurani mereka sendiri” dan “tampil dengan jawaban-jawaban yang mengesampingkan politik”.

Beberapa anggota DPR dari Partai Demokrat mengatakan Wakil Presiden Joe Biden telah mencatat 19 tindakan yang bisa diambil Presiden Obama tanpa harus lewat persetujuan Kongres.

Asosiasi Penggemar Senjata Api NRA yang memiliki empat juta anggota telah mengatakan bahwa mereka akan melawan aturan apapun yang membatasi pemilikan senjata dan amunisi.

Usul-usul Presiden Obama diperkirakan akan memasukkan rekomendasi tentang aksi kekerasan dalam permainan video dan hiburan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG