Tautan-tautan Akses

Obama Ajak Para Pemimpin Kongres Bertemu


Presiden Barack Obama dan pemimpin Republik di Senat AS, Mitch McConnell.

Presiden Barack Obama dan pemimpin Republik di Senat AS, Mitch McConnell.

Presiden Obama meminta pemimpin Partai Republik dan Demokrat di Senat dan DPR AS untuk bertemu di Gedung Putih tanggal 18 November.

Presiden Barack Obama telah mengundang para pemimpin Partai Republik dan Partai Demokrat di Kongres untuk membahas cara-cara bekerjasama dalam mengatasi isu-isu penting, setelah pihak Republik merebut kontrol DPR dalam pemilu sela.

Berbicara setelah pertemuan Kabinet hari Kamis, Obama mengatakan dia meminta kedua petinggi Republik, Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell dan anggota DPR John Boehner, untuk bertemu dengan Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid dan Ketua DPR Nancy Pelosi di Gedung Putih tanggal 18 November mendatang. Boehner diperkirakan akan menjadi ketua DPR berikutnya ketika Kongres baru memulai masa baktinya bulan Januari.

Obama mengatakan pertemuan itu akan berfokus pada apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi isu ekonomi yang mendesak sebelum Kongres baru dilantik. Menurutnya, adalah penting untuk bergerak maju sebab warga Amerika tidak ingin pemerintahnya macet dalam debat partisan dan tidak menyelesaikan apapun.

Presiden Obama juga menyerukan pertemuan para gubernur negara bagian yang baru terpilih, baik dari Republik maupun Demokrat, bulan depan untuk mendengar ide-ide dan keprihatinan mereka dari tingkat negara bagian.

Sementara itu, Senator McConnell telah mengukuhkan tujuan partainya untuk tidak memberi Presiden Obama masa jabatan kedua untuk menghindari veto presiden pada legislasi yang didukung Republik.

XS
SM
MD
LG