Tautan-tautan Akses

Obama Adakan Perundingan dengan Jepang dan Korea Selatan


 Presiden AS Barak Obama (tengah) melakukan perundingan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (kiri) dan PM Jepang Shinzo Abe (kanan) di Den Haag, Selasa (25/3).

Presiden AS Barak Obama (tengah) melakukan perundingan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (kiri) dan PM Jepang Shinzo Abe (kanan) di Den Haag, Selasa (25/3).

Pemimpin Jepang dan Korea Selatan telah bertemu untuk mengadakan perundingan tiga pihak dengan Presiden AS Barack Obama di sela-sela KTT nuklir internasional di Den Haag.

Sebelum pertemuan dimulai hari Selasa (25/3), Presiden AS Barack Obama mengatakan kerjasama yang makin erat antara Amerika, Jepang dan Korea Selatan, termasuk “kerjasama militer yang mencakup latihan gabungan” penting guna menghadapi Korea Utara.

“Selama lima tahun terakhir, kerjasama erat antara negara kita berhasil dalam mengubah situasi dengan Korea Utara, kerjasama tiga pihak kita telah mengirim pesan kuat kepada Korea Utara bahwa provokasi dan ancamannya akan berhadapan dengan tanggapan serempak” kata Presiden Obama.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sepakat bahwa tanggapan serempak sangat penting jika berhadapan dengan ancaman nuklir dan program-program misil Korea Utara.

Hubungan antara kedua sekutu Amerika itu tegang dalam beberapa tahun terakhir dan pertemuan ini merupakan yang pertama antara presiden Korea Selatan dan perdana menteri Jepang.

Amerika telah mendesak Jepang dan Korea Selatan untuk mengurangi ketegangan terkait perselisihan sejarah dan memusatkan perhatian pada persamaan kepentingan seperti program nuklir Korea Utara.
XS
SM
MD
LG