Tautan-tautan Akses

Obama: Ada Kemajuan di Afghanistan, Tetapi Rentan


Presiden Barack Obama menyampaikan kajian soal strategi di Afghanistan di Gedung Putih, Kamis.

Presiden Barack Obama menyampaikan kajian soal strategi di Afghanistan di Gedung Putih, Kamis.

Presiden Obama mengumumkan hasil kajian mengenai strategi AS di Afghanistan dan Pakistan hari Kamis di Gedung Putih.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika dan para sekutunya di Afghanistan membuat banyak kemajuan dan akan memulai transisi menuju kendali Afghanistan tahun depan.

Presiden Obama mengumumkan kajian pemerintahannya mengenai strategi di Afghanistan dan Pakistan hari Kamis di Gedung Putih. Ia mengatakan Amerika tidak akan goyah dalam memerangi al-Qaida, yang para pemimpinnya kata Obama menghadapi lebih banyak tekanan terkait perekrutan anggota, pelatihan dan perjalanan. Tetap saja, ia mengatakan al-Qaida masih menjadi ancaman dan terus menargetkan Amerika.

Obama juga mengatakan keberhasilan yang dibuat pasukan internasional dan Afghanistan membuat Taliban di Afghanistan tetap “rapuh dan bisa berubah lagi.”

Kajian presiden mengatakan kerjasama yang lebih besar diperlukan dari Pakistan agar tidak ada lagi tempat aman bagi para teroris yang mendiami daerah perbatasan dengan Afghanistan. Ia juga mengatakan hubungan Amerika dengan Pakistan “kokoh, tetapi tidak seimbang”.

Juga berbicara di Gedung Putih hari Kamis, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan Amerika yakin Pakistan bisa dan harus melakukan lebih banyak lagi untuk menutup masuknya pemberontak lewat perbatasan.

XS
SM
MD
LG