Tautan-tautan Akses

Obama-Abe Bahas Pangkalan Militer AS di Jepang


President AS Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe shake berjabat tangan setelah konferensi pers di Shima, Jepang hari Rabu (25/5).

President AS Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe shake berjabat tangan setelah konferensi pers di Shima, Jepang hari Rabu (25/5).

Selain berkunjung ke Hiroshima dalam lawatan di Jepang, Presiden Barack Obama juga akan membahas berbagai isu terkait hubungan AS-Jepang, termasuk pangkalan militer AS di sana.

Pejabat-pejabat pemerintahan Jepang dan Amerika mengatakan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengangkat masalah kejahatan yang dilakukan - petugas-petugas dari pangkalan militer Amerika dalam pertemuan dengan Presiden Barack Obama Rabu (25/5) malam menjelang KTT G-7.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga membahas isu tersebut dengan wartawan:

Suga mengatakan, pemerintah mengakui gawat dan seriusnya kasus baru-baru ini di Okinawa yaitu penangkapan seorang bekas Marinir Amerika minggu lalu sehubungan dengan kematian seorang perempuan Jepang. Perdana Menteri Abe akan menyampaikan keprihatinan rakyat Jepang akan hal itu dan mendesak Presiden Obama untuk mengambil langkah-langkah tegas."

Insiden itu ditambahkan segera dalam diskusi kedua pemimpin sejak bekas marinir itu ditahan Kamis lalu. Ia didakwa menelantarkan mayat perempuan Jepang usia 20 tahun yang hilang bulan lalu.

Presiden Obama tiba di Tokyo Rabu malam dari Vietnam.

Kematian perempuan muda itu menguak kembali kasus perkosaan siswi-siswi Jepang tahun 1995 oleh personil militer Amerika di Okinawa, yang memicu demonstrasi besar menentang keberadaan pangkalan Amerika di sana.

Abe selama ini telah berusaha mengatasi tentangan penduduk setempat atas rencana memindahkan pangkalan udara Korps Marinir Amerika ke bagian lain pulau utama Okinawa. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG