Tautan-tautan Akses

NTC Libya Masih Simpang-Siur soal Penangkapan Putera Gaddafi


Gambar mantan pemimpin Libya, Moammar Gaddafi di antara puing-puing di kota Sirte, Libya (12/10). Berita tertangkapnya Mutassim, putera Gaddafi, di Sirte ternyata masih belum bisa dikukuhkan.

Gambar mantan pemimpin Libya, Moammar Gaddafi di antara puing-puing di kota Sirte, Libya (12/10). Berita tertangkapnya Mutassim, putera Gaddafi, di Sirte ternyata masih belum bisa dikukuhkan.

Berlawanan dengan laporan sebelumnya, jurubicara dewan militer NTC Libya tidak dapat mengukuhkan laporan penangkapan Mutassim Gaddafi.

Dewan Transisi Nasional Libya mengeluarkan pernyataan yang simpang-siur mengenai apakah putera mantan pemimpin Libya Moammar Gaddafi, Mutassim, telah ditangkap di kota pantai Sirte.

Beberapa pejabat NTC mengatakan hari Rabu bahwa Mutassim Gaddafi telah ditangkap dan dibawa ke kota Benghazi, Libya Timur, untuk di-interogasi. Kantor berita Reuters mengutip Mohammed Bouker dari Kelompok Kerja Nasional NTC mengatakan bahwa seorang tokoh penting telah ditangkap dan namanya akan diungkapkan hari Kamis.

Tetapi, seorang jurubicara dewan militer pemerintah sementara itu tidak dapat mengukuhkan laporan itu. Jalal el-Galla mengatakan pasukan revolusioner memang telah menangkap beberapa anggota pasukan yang diyakini bersama Mutassim di Sirte, tetapi ia tidak mempunyai informasi mengenai status putra Gaddafi itu.

Berita penangkapan tersebut telah menimbulkan perayaan dengan pelepasan tembakan gencar ke udara di beberapa kota, termasuk Tripoli dan Benghazi. Mutassim adalah penasehat keamanan nasional Libya dan mempunyai peranan kuat dalam pasukan militer dan keamanan dalam pemerintahan ayahnya.

Sudah pernah ada laporan palsu mengenai penangkapan tokoh-tokoh teras pemerintahan Gaddafi pada waktu lalu, termasuk putera Gaddafi lainnya, Saif al-Islam, yang masih buron.

Sebelumnya hari Rabu, pasukan revolusioner pemerintah sementara mengatakan mereka sekarang telah menguasai lebih dari 80 persen Sirte, kota asal Gaddafi, tetapi masih menghadapi perlawanan kuat dari para pendukung Gaddafi disana.

XS
SM
MD
LG