Tautan-tautan Akses

NSA Hadapi Tantangan Berat pada 2013, Lebih Banyak Lagi pada 2014


Mantan kontraktor dan pembocor rahasia NSA Edward Snowden.

Mantan kontraktor dan pembocor rahasia NSA Edward Snowden.

Presiden Amerika Barack Obama sedang mengkaji kembali sebuah laporan baru tentang operasi Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA). NSA akan mempunyai seorang pemimpin baru dan kemungkinan beberapa prosedur baru pada tahun 2014.

Edward Snowden adalah seorang karyawan berusia 29 tahun yang tidak dikenal dari perusahaan swasta Amerika yang bekerja pada Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA). Snowden membocorkan rincian program pemantauan sangat rahasia Amerika kepada media dan akhirnya mendapat suaka di Rusia.

Dalam keterangannya kepada Glenn Greenwald dari suratkabar The Guardian Snowden mengatakan “Kita tidak bisa bicara melawan badan inteljen paling berkuasa di dunia tanpa terkena resiko apapun karena mereka seperti lawan yang sangat kuat dan tidak seorang pun bisa melawan mereka.”

Edward Snowden kini dikenal di seluruh dunia sebagai pahlawan atau pengkhianat.

John Sano, mantan wakil direktur urusan dinas rahasia CIA, menganggap Snowden sebagai pengkhianat. “Saya tidak tahu apakah pengungkapan program rahasia itu membuatnya terkenal selama 15 menit atau ada aspek finansialnya, saya tidak tahu. Tetapi ia jelas melanggar sumpahnya. Ia jelas melanggar perjanjian. Jadi dalam pandangan saya, dalam pandangan komunitas inteljen di masa lalu dan masa sekarang, ia jelas pengkhianat.

Pengungkapan program-program rahasia yang dilakukan Edward Snowden menimbulkan dampak luar biasa menurut Michelle Van Cleave, mantan Eksekutif Kontra-Inteljen Amerika. “Saya bertanggungjawab untuk melakukan penilaian terhadap dampak kerugian bocornya informasi nasional dan kasus-kasus spionase, dan saya harus mengatakan, saya tidak tahu dari mana harus mulai menilai kerugian yang telah ditimbulkan Snowden, tidak saja bagi kemampuan inteljen Amerika tetapi juga bagi sahabat dan sekutu-sekutu kita di seluruh dunia.”

Sebagian sekutu Amerika menentang pengumpulan informasi telefon dan data email yang dilakukan NSA terhadap warga negara dan pemimpin mereka.

Sebagian warga Amerika juga menolak hal ini. Kirk Wiebe, pensiunan analis senior NSA dan seorang “whistleblower” atau pengungkap rahasia mengatakan pengumpulan data itu melanggar hak privasi yang paling mendasar. Ia menyebut Snowden sebagai pahlawan karena mengungkapkan hal tersebut.

Kirk Wiebe mengatakan "Saya kira ia setara dengan orang-orang paling terkenal dalam sejarah kita karena menyorot kegiatan yang sangat subversif yang mengancam kehidupan dan pemerintahan kita.”

Sementara itu Presiden Obama sedang mempertimbangkan rekomendasi untuk melanjutkan pengumpulan data oleh NSA tetapi dengan memberikan perlindungan privasi yang lebih besar.

Rekomendasi-rekomendasi tersebut umumnya akan diterapkan oleh seorang pemimpin baru yang menggantikan Jendral Keith Alexander yang akan segera pensiun dari jabatannya sebagai Direktur NSA dan Kepala Komando Cyber atau Dunia Maya Militer Amerika.

Banyak pakar sepakat bahwa direktur NSA berikutnya perlu memiliki latar belakang teknologi inteljen, pendekatan persuasif pada Kongres dan kemampuan mendukung karyawan yang semangatnya menurun akibat gejolak tahun 2013 ini.
XS
SM
MD
LG