Tautan-tautan Akses

AS

NSA, DHS Kalah dalam Kasus Kebebasan Berpendapat

  • Jim Randle

Beberapa kaos yang dibuat oleh Dan McCall yang menyindir Badan Keamanan Nasional AS dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Beberapa kaos yang dibuat oleh Dan McCall yang menyindir Badan Keamanan Nasional AS dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Pengadilan berpihak pada desainer kaos yang produknya menggambarkan badan intelijen itu sebagai 'satu-satunya bagian pemerintah yang benar-benar mendengarkan.'

Badan Keamanan Nasional AS (NSA) dan Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) kalah di pengadilan, Selasa (18/2), saat seorang desainer kaos mengukuhkan haknya untuk mengolok-olok badan-badan federal besar yang berkuasa tersebut. Isu dalam kasus ini terkait satir, kebebasan berpendapat dan proses demokrasi.

Kaos-kaos yang dirancang oleh Dan McCall mengolok-olok NSA sebagai ""satu-satunya bagian pemerintah yang benar-benar mendengarkan." Setelah dugaan pemantauan ketat NSA terhadap jutaan orang, banyak warga Amerika melihat pesan-pesan di kaos tersebut sangat lucu.

Kaos lain memparodikan logo DHS sebagai "Department of Homeland Stupidity" (Departemen Kebodohan Dalam Negeri."

Lembaga-lembaga tersebut tidak senang dengan hal tersebut dan mengancam akan mengambil langkah hukum melawan percetakan yang membuat dan mendistribusikan kaos-kaos McCall.

McCall mengatakan ancaman-ancaman itu melanggar jaminan konstitusi mengenai kebebasan berpendapat.

Pada Selasa, badan-badan pemerintah itu sepakat mengakhiri ancaman hukum dan membayar McCall US$500 untuk menutupi biaya legal.

"Saya kira penting untuk memiliki rasa humor mengenai diri sendiri, sebagai sebuah bangsa, seorang individu," ujar McCall.
XS
SM
MD
LG