Tautan-tautan Akses

Norwegia Umumkan Penemuan Besar Minyak di Laut Utara


Perusahaan Statoil mengumumkan penermuan minyak besar-besaran di Laut Utara, lepas pantai Norwegia (16/8).

Perusahaan Statoil mengumumkan penermuan minyak besar-besaran di Laut Utara, lepas pantai Norwegia (16/8).

Penemuan minyak Aldous dan Avaldsnes berisi antara 500 juta sampai 1,2 milyar barel minyak, jauh lebih banyak dari perkiraan semula.

Perusahaan Norwegia Statoil mengumumkan dua penemuan minyak terbaru di laut Utara terhubung satu sama lain, kemungkinan mencerminkan temuan minyak terbesar di kawasan itu dalam 30 tahun ini.

Statoil dalam pernyataan hari Selasa mengatakan penemuan minyak Aldous dan Avaldsnes bersama-sama berisi antara 500 juta sampai 1,2 milyar barel minyak, jauh lebih banyak dari perkiraan semula.

Wakil Direktur urusan eksplorasi bagi produsen energi Norwegia itu, Tim Dodson menggambarkan kedua penemuan itu sebagai “raksasa” dan menambahkan Norwegia belum pernah menyaksikan penemuan minyak semacam itu sejak pertengahan 1980-an.

Statoil memiliki 40 persen saham pada prospek minyak di Aldous itu dan 40 persen saham dalam prospek minyak Avaldsnes yang dikelola oleh perusahaan Swedia, Lundin Petroleum.

Para pakar menyatakan terkejut atas besarnya penemuan itu yang menunjukkan Laut Utara masih berpotensi sebagai sumber minyak mentah setelah pengeboran selama beberapa dekade.

XS
SM
MD
LG