Tautan-tautan Akses

Noriega Tepis Tuduhan Lakukan Pencucian Uang


Sketsa persidangan mantan diktator Panama Manuel Noriega (kanan) dalam persidangan di Paris.

Sketsa persidangan mantan diktator Panama Manuel Noriega (kanan) dalam persidangan di Paris.

Bekas diktator Panama mengatakan dalam persidangan di Paris, tuduhan atas dirinya itu rekayasa perbankan yang dirancang AS.

Bekas diktator Panama Manuel Noriega dalam persidangan di Paris mengatakan tuduhan pencucian uang oleh Perancis terhadap dirinya berasal dari sebuah rekayasa perbankan yang dirancang Amerika.

Noriega hari Selasa memberikan penjelasan atas tuduhan-tuduhan bahwa ia melakukan pencucian uang jutaan dolar dari keuntungan perdagangan kokain gelap pada tahun 1980-an melalui dua bank Perancis. Ia dituduh menggunakan uang itu untuk membeli apartemen-apartemen mewah di Paris.

Noriega menggambarkan tuduhan tersebut sebagai bagian dari sebuah konspirasi terhadapnya oleh Amerika. Ia mengatakan uang tersebut berasal dari usaha-usahanya yang sah dan dari Badan Intelijen Amerika atau CIA.

Bekas jendral berusia 76 tahun yang pernah mendekam dalam tahanan Amerika selama 20 tahun karena menyelundupkan obat-obat terlarang, bisa kembali dipenjara selama 10 tahun lagi jika terbukti bersalah atas tuduhan-tuduhan pengadilan Perancis itu. Ia memerintah Panama dari tahun 1981 sampai 1989 dan ditangkap tahun berikutnya dalam invasi Amerika.

XS
SM
MD
LG