Tautan-tautan Akses

AS

Nominasi Obama untuk Pimpin Pentagon dan CIA Hadapi Tentangan di Senat


Presiden Barack Obama berbincang dengan Chuck Hagel (tengah) dan John Brennan (kanan) setelah pengumuman nominasi mereka di Gedung Putih (7/1).

Presiden Barack Obama berbincang dengan Chuck Hagel (tengah) dan John Brennan (kanan) setelah pengumuman nominasi mereka di Gedung Putih (7/1).

Senat AS harus menyetujui pencalonan mantan Senator Chuck Hagel untuk posisi Menteri Pertahanan dan John Brennan untuk jabatan Direktur CIA.

Pilihan Presiden Barack Obama untuk memimpin Pentagon dan Badan Pusat Intelijen, CIA, kemungkinan akan menimbulkan satu lagi bentrokan dalam Senat, di mana sebagian Senator menyebut ucapan-ucapan masa lampau kedua calon menggusarkan.

Senat AS harus menyetujui pencalonan mantan Senator Chuck Hagel untuk jabatan Menteri Pertahanan dan John Brennan untuk memimpin CIA.

Hagel adalah seorang mantan Senator partai Republik dari Nebraska yang mempunyai banyak pendukung di Washington dan memiliki reputasi suka kerja-sama dengan partai lain. Ia pernah bertempur di Vietnam dan Obama mengatakan ia memahami perang.

Tetapi, Hagel menghadapi tuduhan bahwa ia anti-Israel dan bahkan anti-Yahudi karena ia pernah mengatakan bahwa lobi Yahudi sering melakukan intimidasi di Gedung Kongres. Ia juga pernah mengecam perlakuan Israel terhadap orang Palestina. Gedung Putih mengatakan Hagel selama ini adalah seorang pendukung kuat Israel.

Hagel juga pernah meminta Amerika Serikat agar mendekati Iran, yang dicap oleh Amerika Serikat sebagai negara sponsor terorisme.

Mantan pejabat Pentagon dan sekarang pakar yayasan penelitian Heritage Foundation Steven Bucci mengatakan Hagel yakin kebijakan Amerika terhadap Iran tidak berhasil.
XS
SM
MD
LG