Tautan-tautan Akses

Penjualan Ritel Amerika Sedikit Meningkat


Departemen Perdagangan AS Jumat (13/9) menyebutkan harga yang dibayar konsumen naik 0,2 persen pada bulan Agustus, lebih kecil dari yang diprediksi kebanyakan ekonom.
Departemen Perdagangan AS Jumat (13/9) menyebutkan harga yang dibayar konsumen naik 0,2 persen pada bulan Agustus, lebih kecil dari yang diprediksi kebanyakan ekonom.

Penjualan ritel di Amerika mengalami sedikit peningkatan pada bulan Agustus. Laporan Departemen Perdagangan hari Jumat menyebutkan harga yang dibayar konsumen naik 0,2 persen pada bulan Agustus, lebih kecil daripada yang diprediksi kebanyakan ekonom.

Para investor mencermati belanja konsumen karena permintaan konsumen menggerakkan sebagian besar aktivitas ekonomi Amerika.

Laporan pemerintah lainnya menyebutkan harga-harga yang dibayar kepada produsen barang-barang naik 0,3 persen, dan menunjukkan tidak ada kenaikan di luar sektor pangan dan energi yang mudah berubah-ubah.
Indeks Harga Produsen ini mungkin menjadi bukti bahwa inflasi pada masa mendatang masih akan sulit dikendalikan.

Laporan-laporan tersebut merupakan bagian dari data yang akan ditelaah para pejabat Bank Sentral Amerika pada Selasa dan Rabu mendatang, pada waktu mereka mempertimbangkan kemungkinan perubahan dalam upaya merangsang perekonomian.

Berbagai upaya bank sentral mempertahankan suku bunga tetap rendah dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi setelah resesi terburuk selama beberapa dekade ini, yang dimulai lima tahun silam dengan tumbangnya Lehman Brothers, sebuah perusahaan keuangan besar.

Sebuah jajak pendapat Gallup menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen meningkat setelah krisis terburuk terjadi, tetapi banyak warga Amerika yang masih khawatir akan kehilangan pekerjaan.
XS
SM
MD
LG