Tautan-tautan Akses

Nigeria Tolak Tukar Tahanan dengan Para Siswi yang Diculik


Presiden Nigeria Goodluck Jonathan Rabu (14/5) menolak membebaskan tahanan anggota Boko Haram (foto: dok).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan Rabu (14/5) menolak membebaskan tahanan anggota Boko Haram (foto: dok).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan Rabu (14/5) menolak membebaskan tahanan anggota Boko Haram sebagai ganti pembebasan 276 siswi yang diculik.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menolak untuk membebaskan anggota-anggota Boko Haram yang ditahan sebagai ganti pembebasan lebih dari 200 siswi yang diculik kelompok Islam itu sebulan lalu di Nigeria utara.

Seusai pertemuan hari Rabu di Abuja, menteri Inggris urusan Afrika Mark Simmonds mengatakan Presiden Jonathan menyatakan dengan “sangat jelas tidak akan ada negosiasi dengan Boko Haram yang melibatkan pertukaran” untuk siswi-siswi yang diculik itu.

Pemerintah Nigeria mengatakan sedang mengkaji “semua pilihan” untuk memulangkan mereka dengan selamat. Para orangtua anak-anak perempuan itu dan banyak pihak lainnya menuntut pemerintah agar mengambil langkah lebih banyak.

Boko Haram minggu ini merilis video yang menampilkan sekitar 100 dari para siswi yang diculik itu, yang tampak mengenakan jilbab dan mengucapkan doa-doa al-Quran.

Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, mengatakan tidak akan melepaskan para siswi itu sebelum pemerintah membebaskan para pejuang mereka yang ditahan.
XS
SM
MD
LG