Tautan-tautan Akses

Nigeria Tawarkan Hadiah bagi Penangkapan Pelaku Pemboman Gereja


Gereja Katholik St. Theresa di Madalla, di luar kota Abuja yang menjadi sasaran pemboman saat hari Natal lalu (foto: dok).

Gereja Katholik St. Theresa di Madalla, di luar kota Abuja yang menjadi sasaran pemboman saat hari Natal lalu (foto: dok).

Tersangka dalang pemboman gereja, Kabiru Sokoto meloloskan diri dari penahanan ketika militan menyerang kendaraan polisi, Rabu.

Kepolisian Nigeria menawarkan hadiah lebih 300.000 dolar sebagai imbalan bagi informasi yang dapat membantu upaya penangkapan kembali tersangka dalang pengeboman gereja pada Hari Natal yang menjatuhkan korban.

Beberapa pejabat mengatakan Kabiru Sokoto meloloskan diri dari penahanan hari Rabu ketika sejumlah anggota kelompoknya menyerang kendaraan polisi selagi dia diangkut ke kantor polisi yang lain.

Presiden Goodluck Jonathan telah mengancam akan memecat inspektur jenderal kepolisian Nigeria, Hafiz Ringhim, apabila Sokoto tidak berhasil ditangkap kembali selambat-lambatnya hari Jumat. Komisioner kepolisian yang memerintahkan pemindahan Sokoto telah diberhentikan.

Kasus tersebut telah menyebabkan sebagian orang di Nigeria mengeluarkan keluhan bahwa kepolisian tidak berbuat cukup untuk melindungi warga sipil dari serangan teroris.

Juru bicara kepolisian Olusola Amore mengatakan polisi sedang berusaha keras untuk dapat menangkap kembali Sokoto. Dia mengatakan Interpol dan pemerintah-pemerintah lain di kawasan itu turut membantu usaha penangkapan itu.

XS
SM
MD
LG