Tautan-tautan Akses

Nigeria: Sejumlah Besar Dana Pemerintah Diselewengkan


Mantan penasihat keamanan nasional Nigeria, Sambo Dasuki, di pengadilan di Abuja untuk kasus kepemilikan senjata ilegal. (Foto: Dok)

Mantan penasihat keamanan nasional Nigeria, Sambo Dasuki, di pengadilan di Abuja untuk kasus kepemilikan senjata ilegal. (Foto: Dok)

Rakyat Nigeria telah mengutarakan keterkejutan mereka atas besarnya uang yang diselewengkan itu, yang dimaksudkan untuk membantu memerangi kelompok ekstremis Islamis Boko Haram.

Seorang juru bicara Presiden Nigeria mengatakan ratusan juta dolar pembayaran pemerintah yang diselewengkan telah ditemukan sebagai hasil penyelidikan terhadap mantan penasehat keamanan nasional negara itu.

Komisi penyelidikan telah menuduh 300 organisasi, perorangan dan beberapa pejabat militer melakukan penyelewengan dana yang berjumlah kira-kira US$241 juta lewat penipuan dan pembayaran kontrak yang berlebihan, kata Garba Shebu, juru bicara Presiden Muhammadu Buhari.

Sambo Dasuki, penasehat keamanan nasional mantan presiden Goodluck Jonathan telah dikenakan tuduhan menyelewengkan lebih dari $2 milyar.

Dalam wawancara dengan VOA, Shebu mengatakan rakyat Nigeria telah mengutarakan keterkejutan mereka atas besarnya uang yang diselewengkan itu, yang dimaksudkan untuk membantu memerangi kelompok ekstremis Islamis Boko Haram.

Boko Haram dituduh telah mengakibatkan kematian ribuan orang dan banyak lagi mengungsi di beberapa daerah negara itu dimana Boko Haram sering menyerang kaum sipil serta anggota militer.

Shebu mengatakan penggelapan dana di kantor penasehat keamanan nasional itu turut menyebabkan rendahnya semangat tentara yang dilatih memerangi militant di beberapa daerah di Nigeria utara. [gp]

XS
SM
MD
LG