Tautan-tautan Akses

Nigeria Larang Perkawinan Sejenis


Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengesahkan undang-undang yang melarang perkawinan sejenis 7 Januari lalu (foto: dok).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengesahkan undang-undang yang melarang perkawinan sejenis 7 Januari lalu (foto: dok).

Undang-undang Nigeria yang melarang perkawinan sejenis itu telah disahkan oleh Presiden Goodluck Jonathan bertanggal 7 Januari lalu.

Presiden Nigeria telah menandatangani UU yang melarang perkawinan sejenis, organisasi dan pertemuan homoseksual dengan hukuman penjara maksimal 14 tahun.

Kantor berita AP memperoleh salinan UU itu hari Senin (13/1), yang ditandatangani Presiden Goodluck Jonathan bertanggal 7 Januari.

Tidak jelas mengapa UU itu disahkan diam-diam. Salinan yang diperoleh dari DPR di Abuja, ibukota Nigeria, menunjukkan UU itu ditanda-tangani DPR tanggal 17 Desember tetapi tanpa pengumuman.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry hari Senin mengatakan Amerika “amat prihatin” dengan UU yang “secara berbahaya membatasi kebebasan berkumpul, berorganisasi dan berpendapat bagi semua rakyat Nigeria.”

Pertemuan, menjalankan dan menghadiri organisasi atau perkumpulan kaum gay sekarang dianggap sebagai kejahatan di Nigeria.

Nigeria juga punya UU warisan penjajah Inggris yang melarang aktivitas seks sejenis di negara Afrika Barat itu.
XS
SM
MD
LG