Tautan-tautan Akses

Nigeria Klaim Pemimpin Boko Haram Tewas dalam Serangan Udara


Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau (Foto: dok).

Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau (Foto: dok).

Nigeria sebelumnya mengaku telah membunuh Abubakar Shekau, tetapi klaim tersebut kemudian meragukan ketika muncul tayangan video yang menunjukkan seorang pria yang mengaku sebagai Shekau masih hidup dan sehat.

Angkatan Udara Nigeria, Selasa (23/8) mengklaim telah “melukai secara fatal” pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau dan beberapa anggota senior lain kelompok itu dalam serangan udara yang dilakukan terhadap markas organisasi teroris tersebut.

Sani Usman, juru bicara Angkatan Udara Nigeria mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Shekau “terluka parah di bahu” ketika pesawat pemerintah membom kubu Boko Haram di hutan di Sambisa, Jumat (19/8).

Para pemimpin Boko Haram lainnya yang tewas dalam serangan itu, menurut Usman, termasuk Abubakar Mubi, Malam Nuhu dan Malam Hamman. Beberapa orang lainnya dipastikan terluka.

Nigeria sebelumnya mengaku telah membunuh Shekau, tetapi klaim tersebut kemudian meragukan ketika muncul tayangan video yang menunjukkan seorang pria yang mengaku sebagai Shekau masih hidup dan sehat.

Pernyataan Usman itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kematian Shekau. Boko Haram belum menanggapi klaim tersebut. [lt]

XS
SM
MD
LG