Tautan-tautan Akses

Niger: 230 Tewas akibat Bentrokan dengan Boko Haram


Pasukan khusus Niger dalam operasi melawan militan Boko Haram (foto: dok).

Pasukan khusus Niger dalam operasi melawan militan Boko Haram (foto: dok).

Pemerintah Niger mengatakan, 46 tentara dan 28 warga sipil tewas, sementara sedikitnya 156 militan Boko Haram juga tewas dalam bentrokan.

Pemerintah Niger mengatakan, 46 tentara dan 28 warga sipil tewas selama akhir pekan lalu sewaktu pasukan pemerintah bentrok dengan kelompok militan Boko Haram dalam usaha merebut kontrol atas sebuah pulau di Danau Chad.

Para pejabat mengatakan Selasa (28/4), 156 militan juga tewas dalam bentrokan itu, yang dimulai setelah Boko Haram menyerang Pulau Karamga, Sabtu. Militer Niger mengatakan, mereka segera merebut kembali kontrol atas pulau itu.

Niger, bersama Nigeria, Chad dan Kamerun ,baru-baru ini melancarkan serangan untuk mengakhiri pemberontakan Boko Haram, yang telah merenggut 10 ribu jiwa dan mengakibatkan lebih dari satu juta orang di Nigeria timurlaut terpaksa mengungsi.

Hari Selasa, pasukan Nigeria menyelamatkan hampir 300 wanita dan anak perempuan dari Hutan Sambisa yang luas, salah satu dari kubu pertahanan terakhir kelompok ekstremis Islamis itu.

Hutan itu diyakini sebagai lokasi dimana militan melarikan lebih dari 200 siswi sekolah dari kota Chibok setahun yang lalu. Juru bicara militer Nigeria mengatakan, anak-anak perempuan Chibok itu tidak termasuk dari mereka yang diselamatkan.

XS
SM
MD
LG