Tautan-tautan Akses

Vincenzo Nibali Juarai Balap Sepeda Giro d’Italia


Pebalap sepeda Italia, Vincenzo Nibali mengangkat trophy setelah memenangi Tour Giro d'Italia di Brescia, Italia (26/5).

Pebalap sepeda Italia, Vincenzo Nibali mengangkat trophy setelah memenangi Tour Giro d'Italia di Brescia, Italia (26/5).

Vincenzo Nibali, pebalap Italia berusia 28 tahun sudah memimpin klasemen dan mengenakan kaus jingga sejak etape-7 dan tidak pernah melepaskannya.

Vincenzo Nibali hari Minggu meluncur mulus menyelesaikan etape terakhir balapan speda kedua terbesar Giro d’Italia. Nibali yang berumur 28 tahun dan berasal dari Messina, Sisilia, menyelesaikan etape-21 balapan klasik tiga minggu itu dengan sprint menuju garis finish.

Nibali sudah memimpin klasemen dan mengenakan kaus jingga sejak etape-7, tidak pernah melepaskannya dan memperkuat keunggulannya dengan memenangkan dua etape yang berbukit-bukit. Membalap untuk team Astana, ia sekarang memperkuat statusnya dalam kelompok pembalap elit dewasa ini yang dianggap mampu memenangkan balapan-balapan besar seperti Alberto Contador, Chris Froome dan Bradley Wiggins.

Pemenang kedua adalah Rigoberto Uran dari Kolombia 4 menit 43 detik di belakang Nibali dan pemenang ketiga Cadel Evans dari Australia 5 menit 52 detik di belakang Nibali. Evans adalah juara Tour de France tahun 2011 dan dari awal mengatakan bahwa ia menggunakan Giro d’Italia sebagai persiapan menghadapi Tour de France tahun ini.

Nibali sejauh ini belum mengatakan akan ikut balapan Tour de France tahun ini tetapi ia boleh jadi akan mencoba menjuarai balapan Vuelta Agustus dan September nanti dan mungkin berniat merebut titel juara dunia di Florence juga bulan September nanti.

Menjuarai Giro d’Italia adalah titel kedua balapan besar yang diraihnya setelah balapan Vuelta. Ia keluar sebagai juara tiga dalam Tour de France tahun lalu di belakang pasangan Team Sky, Brad Wiggins dan Chris Froome.
XS
SM
MD
LG