Tautan-tautan Akses

AS

New York Times Luncurkan Situs Berbahasa Tionghoa


New York Times meluncurkan situs berbahasa Tiongkok, dan mulai dapat diakses hari ini, Kamis (28/6).

New York Times meluncurkan situs berbahasa Tiongkok, dan mulai dapat diakses hari ini, Kamis (28/6).

Harian New York Times telah meluncurkan situs berita baru berbahasa Tionghoa untuk pembaca berita online terbanyak dunia di Tiongkok.

Suratkabar New York Times dalam pernyataan di situs www.cn.nytimes.com berharap akan menarik pembaca dari warga Tiongkok yang kaya, berpendidikan, dan jumlahnya meningkat. Situs mulai dapat diakses hari ini, Kamis (28/6).

Tiongkok mempunyai kira-kira 500 juta orang pengguna Internet, yang membuatnya menjadi masyarakat online terbesar di dunia. Tetapi, pengguna internet Tiongkok memiliki akses Internet yang jauh berbeda dibandingkan dengan masyarakat online lain dari seluruh dunia, karena pemerintah Tiongkok memberlakukan sensor terhadap situs yang dianggap tidak baik.

Harian ini mengakui bahwa penyensoran pemerintah Tiongkok kadang-kadang menghambat bahan dari situs berbahasa Inggris, Rabu (27/6). Namun harian berharap para pejabat pemerintah Tiongkok akan dapat menerima edisi bahasa Tionghoa-nya.

Redaktur asingnya, Joseph Kahn, mengatakan suratkabar itu tidak mempunyai wewenang atas apa yang dapat disensor oleh Beijing. Namun ia berjanji versi bahasa Tionghoa akan mematuhi standar jurnalisme, dengan mengatakan situs tersebut tidak akan menjadi perusahaan media Tiongkok resmi.
XS
SM
MD
LG