Tautan-tautan Akses

New York Times: Lebih Dari 600 Veteran Perang Irak Dilaporkan Terpapar Senjata Kimia


Gedung kantor surat kabar "The New York Times" di New York (Foto: dok).
Gedung kantor surat kabar "The New York Times" di New York (Foto: dok).

Surat kabar “The New York Times” melaporkan bahwa lebih dari 600 veteran perang Irak mengatakan mereka terpapar unsur-unsur senjata kimia sejak 2003 dan bahwa Pentagon hanya sedikit atau tidak mengambil tindakan.

Laporan hari Kamis (6/11) menyebutkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel, mendapati pengakuan keterpaparan itu dalam kajian pertanyaan internal yang diisi para tentara pada akhir tugas mereka di Irak. Sejumlah 629 personil yang bertugas di lapangan melaporkan keterpaparan pada unsur-unsur senjata kimia di Irak, termasuk gas mustard.

“The New York Times” melaporkan, yang mungkin juga terpapar adalah para tentara asing, kontraktor, pasukan Irak dan warga sipil. Surat kabar itu mengatakan para pejabat Pentagon tidak mengindahkan jumlah besar kasus yang dilaporkan atau melacak tentara-tentara yang terpapar untuk menawarkan pengobatan medis yang memadai.

Belum jelas apakah Pentagon dulu tidak bertindak, namun Pentagon mengatakan akan mendata para veteran perang yang melaporkan bahwa mereka terpapar senjata kimia.

XS
SM
MD
LG