Tautan-tautan Akses

AS

New York Tawarkan Imigran Ilegal Tiket Kebun Binatang, Museum


Walikota New York City Bill de Blasio bersama istri dan anak-anaknya.

Walikota New York City Bill de Blasio bersama istri dan anak-anaknya.

Tiket gratis atau diskon tersebut diberikan dalam rangka membujuk imigran ilegal untuk bergabung dengan program kartu identifikasi.

Walikota New York Bill de Blasio menawarkan akses gratis ke beberapa tujuan budaya terkenal kota itu Kamis (18/9), dalam rangka membujuk imigran ilegal untuk bergabung dengan program kartu identifikasi untuk membantu mereka melakukan hal-hal biasa seperti menandatangani dokumen sewa.

Di antara keuntungan yang ditawarkan oleh walikota dari Partai Demokrat itu adalah tiket gratis atau diskon untuk Kebun Binatang Bronx, New York City Ballet, Metropolitan Museum of Art dan Carnegie Hall untuk satu tahun ke depan.

New York bergabung dengan kota-kota AS lainnya yang memiliki populasi imigran besar, termasuk Los Angeles dan New Haven, Connecticut, dengan mengeluarkan kartu identitas untuk non-warga negara.

Program kartu identitas senilai US$8 juta di New York itu mulai pada 1 Januari. Program itu disetujui pada Juni oleh Dewan Kota New York.

"Kartu identitas kota ini adalah alat dahsyat untuk membawa lebih banyak warga New York keluar dari bayang-bayang dan muncul ke publik," ujar de Blasio dalam pernyataan tertulis.

"Ini juga sekarang merupakan kunci untuk membuka pintu bagi ratusan ribu lebih warga New York ke aset-aset utama kota dalam bidang budaya, sains dan hiburan."

Meski program kartu identitas menyasar warga yang tidak punya status imigrasi legal yang kesulitan mendapatkan identifikasi AS resmi, semua warga New York City dapat memperoleh kartu identitas tersebut.

Tanpa kartu itu, beberapa imigran ilegal tidak dapat melakukan hal-hal rutin seperti membuka rekening bank dan menandatangani dokumen sewa. Pendukung program tersebut mengatakan kartu identitas juga akan meningkatkan akses terhadap kesehatan dasar dan layanan rumah singgah bagi imigran ilegal.

Tiga anggota Dewan Kota dari Partai Republik, dari 46 anggota yang memilih, menolak langkah itu pada Juni, dengan mengatakan dana itu lebih baik digunakan untuk merekrut pemadam kebakaran atau polisi.

Kartu identitas New York dapat diperoleh dengan memperlihatkan akta kelahiran, surat izin mengemudi atau bukti tempat tinggal seperti tagihan listrik dan air.

Pengumuman De Blasio datang sehari setelah ia mengumumkan peluncuran inisiatif multi-kota yang melibatkan New York, Los Angeles dan Chicago yang bertujuan meningkatkan kewarganegaraan diantara warga permanen dengan memberikan bantuan hukum untuk proses naturalisasi. (Reuters)

XS
SM
MD
LG