Tautan-tautan Akses

AS

New York Berjuang untuk Pulih dari Badai Sandy


Rumah dan mobil warga di Queens, New York rusak akibat badai Sandy (5/11). Lebih dari 30 ribu rumah di New York porak-poranda akibat badai Sandy.

Rumah dan mobil warga di Queens, New York rusak akibat badai Sandy (5/11). Lebih dari 30 ribu rumah di New York porak-poranda akibat badai Sandy.

Walikota New York Michael Bloomberg memperkirakan, badai Sandy telah menyebabkan sekitar 30.000 sampai 40.000 rumah di New York tidak layak huni.

Sejuta siswa di New York hari Senin kembali masuk sekolah seminggu setelah badai raksasa Sandy menghancurkan sebagian besar Pantai Timur Amerika, tetapi kalangan pegawai umumnya lama tiba di tempat kerja mereka dan 1,4 juta orang masih belum mendapat aliran listrik.

Bahkan selagi kota itu berusaha agar keadaan agak normal mengawali pekan ini, ribuan penduduk New York dan New Jersey masih mengungsi. Rumah mereka tidak bisa dihuni karena terendam banjir akibat badai atau musnah akibat kebakaran yang disebabkan angin kencang.

Walikota New York Michael Bloomberg memperkirakan, badai menyebabkan 30.000 sampai 40.000 rumah tidak layak huni. Pihak berwenang sangat prihatin tentang nasib mereka yang tidak lagi punya tempat tinggal itu karena suhu pada malam hari di Amerika timur kini turun mendekati titik beku.

Bloomberg masuk kantor Senin pagi bersama-sama kalangan pegawai lainnya naik kereta bawah tanah. Menurut otorita angkutan kota, sekitar 80 persen kereta kini kembali beroperasi, tetapi jalur utama menuju kota itu dari New Jersey dan melewati Sungai Hudson masih tutup.

Sekitar 90 persen dari 1.700 sekolah di kota New York kembali dibuka. Tetapi sekitar 100 sekolah masih tutup akibat badai atau sedang digunakan sebagai tempat penampungan darurat.
XS
SM
MD
LG