Tautan-tautan Akses

AS

New York Bagai Kota Mati Akibat Badai Sandy


Sebagian besar kawasan Manhattan di pusat kota New York dalam keadaan gelap gulita akibat padamnya aliran listrik hari Selasa (30/10).

Sebagian besar kawasan Manhattan di pusat kota New York dalam keadaan gelap gulita akibat padamnya aliran listrik hari Selasa (30/10).

Badai Sandy menewaskan 10 orang di New York City dan membuat kota terbesar di AS itu bagai kota mati Selasa (30/10), tanpa layanan kereta api, kawasan bisnis yang tak berfungsi dan kawasan pemukiman yang terendam air.

Badai Sandy adalah badai dahsyat yang mungkin merupakan badai terburuk yang pernah kita alami, ujar Walikota New York Michael Bloomberg, yang tidak memberi batas waktu yang pasti kapan layanan dasar kota itu akan kembali pulih.

Gambar-gambar kerusakan dari malapetaka semalam tampak di mana-mana setelah air laut dan angin kencang menghantam kota itu, menghancurkan beberapa bangunan dan membanjiri terowongan. Antara 80 hingga 100 rumah yang kebanjiran di Queens terbakar dan hancur. Rumah sakit memindahkan pasien-pasien dengan usungan dan 20 bayi dari unit perawatan intensif – beberapa diantaranya masih menggunakan alat bantu pernafasan dengan batere.

Trotoar, jalan dan jalur kereta bawah tanah yang biasanya ramai dipenuhi orang dan kemacetan, kini sebagian besar kosong. Di tengah kota, sebuah derek besar yang rusak masih tergantung tinggi di atas sebuah pemukiman penduduk.

Mobil-mobil di kawasan Manhattan, New York bergelimpangan dan terendam oleh air banjir hari Selasa (30/10).

Mobil-mobil di kawasan Manhattan, New York bergelimpangan dan terendam oleh air banjir hari Selasa (30/10).

Kantor berita Associated Press mengatakan sepuluh korban tewas termasuk dua orang yang tenggelam di sebuah rumah dan seorang lainnya yang berada di tempat tidur ketika pohon tumbang menimpa apartemennya, ujar walikota Bloomberg.

Seorang perempuan berusia 23 tahun tewas karena melangkah ke genangan air di mana terdapat kawat listrik. Seorang laki-laki dan perempuan juga tertimpa pohon yang tumbang. Seorang polisi yang sedang tidak bertugas di Pulau Staten dan sedang membantu keluarganya menuju ke atap rumah tampaknya terjebak di lantai dasar.

Di pusat kota Chelsea, sebuah galeri seni yang sedang berkembang di distrik itu terendam air setinggi pinggang orang dewasa semalam.

Reggie Thomas – pengawas di sebuah penjara yang terletak di sekitar Sungai Hudson yang meluap – selepas shift malam berusaha menemukan mobil Honda tahun 2011 yang ternyata sudah terendam air.

Sistem transit kota mengalami kerusakan yang tidak pernah terjadi sebelumnya, dari mulai terowongan-terowongan kereta api bawah tanah hingga rel komuter dan garasi bis, ujar Otoritas Transportasi Metropolitan hari Selasa.

Kesepuluh terowongan bawah tanah antara Manhattan dan Brooklyn tergenang air ketika gelombang air laut merendam sinyal-sinyal dan rel-rel kereta api serta menutupi jalur itu dengan lumpur (Associated Press).
XS
SM
MD
LG