Tautan-tautan Akses

Neverland, Bekas Rumah Michael Jackson, Dijual Seharga 1,3 Triliun

  • Associated Press

Neverland Ranch di Los Olivos, California

Neverland Ranch di Los Olivos, California

Properti di California yang menjadi kediaman dan dunia penuh fantasi bagi raja pop Michael Jackson dijual dengan harga $100 juta (Rp 1,3 triliun), menurut Wall Street Journal.

Kompleks seluas lebih dari 1.000 hektar di Santa Ynez Valley ini memiliki berbagai fasilitas termasuk stasiun kereta, rumah dengan enam kamar, bioskop dengan 50 tempat duduk dan dua danau. Neverland ini tidak bertuan sejak Jackson meninggal dunia tahun 2009.

Jackson membeli properti yang rimbun dengan pohon ek dan ara ini seharga $19,5 juta pada tahun 1988 dan menamakannya "Neverland," terinspirasi oleh pulau tempat asal karakter Peter Pan. Jackson kemudian menambahkan fasilitas seperti kebun binatang dan taman hiburan, yang kini sudah ditutup.

Perusahaan real estate Colony Capital LLC membeli properti Jackson di tahun 2008 setelah ia tidak mampu membayar sisa pembayaran properti ini sebesar $24,5 juta.

Banyak rumor menyebut Neverland akan menjadi tempat penghormatan bagi Jackson serupa dengan Graceland bagi Elvis Presley. Tapi Colony Capital tidak pernah membuka bagi publik properti yang terletak sekitar 250 kilometer sebelah utara Los Angeles.

Kompleks ini dibangun tahun 1981 oleh pengembang William Bone, yang menamakannya Sycamore Valley Ranch.

Jackson jarang terlihat di Neverland sejak 2005, saat ia dinyatakan bebas dari tuduhan menganiaya secara seksual sejumlah anak di properti ini. Ia memilih untuk tinggal di tempat kediaman lainnya hingga ia wafat.

XS
SM
MD
LG