Tautan-tautan Akses

Israel dan AS Hampir Sepakati Moratorium 90 Hari


PM Israel Benjamin Netanyahu berbicara pada rapat kabinet di Yerusalem akhir pekan lalu mengenai paket insentif AS.

PM Israel Benjamin Netanyahu berbicara pada rapat kabinet di Yerusalem akhir pekan lalu mengenai paket insentif AS.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan kabinetnya hampir menyepakati paket insentif dari Amerika bagi penghentian pembangunan permukiman.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan ia hampir mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat mengenai paket insentif yang akan diberi Washington sebagai imbalan bagi penghentian satu kali, selama 90 hari, pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Kantor Netanyahu mengatakan Rabu malam, ia berharap untuk merampungkan kontak dengan Amerika segera, agar dapat mengajukan perjanjian tersebut kepada kabinet keamanannya yang beranggotakan 15 orang. Para pejabat yang dekat dengan Netanyahu mengatakan ia mungkin akan bertemu dengan kabinetnya dalam waktu 24 jam mendatang untuk menyetujui perjanjian tersebut.

Wakil-wakil dari partai keagamaan ultra-Ortodoks Israel, Shas, mengatakan Rabu mereka tidak akan turut dalam pemungutan suara itu jika perjanjian tersebut secara khusus tidak mengikut-sertakan Yerusalem Timur, yang diklaim baik oleh Israel dan Palestina, dalam penghentian pembangunan permukiman. Abstein dari Shas akan memungkinkan proposal tersebut berhasil disetujui.

XS
SM
MD
LG