Tautan-tautan Akses

Netanyahu akan Berkunjung ke Amerika Awal Bulan Maret


PM Israel Benjamin Netanyahu akan melakukan kunjungan ke AS awal bulan depan.

PM Israel Benjamin Netanyahu akan melakukan kunjungan ke AS awal bulan depan.

Kunjungan Netanyahu diadakan pada saat meningkatnya keprihatinan tentang kemungkinan serangan militer Israel atas fasilitas nuklir Iran.

Perdana menteri Israel akan berkunjung ke Amerika permulaan bulan depan. Kunjungan ini diadakan ketika meningkatnya keprihatinan para pejabat Amerika tentang kemungkinan serangan militer Israel atas fasilitas-fasilitas nuklir Iran.

Kantor Perdana Menteri Benyamin Netanyahu mengatakan, tujuan utama kunjungan itu adalah untuk menghadiri pertemuan tahunan kelompok pelobi pro-Israel di Washington. Kelompok yang bernama AIPAC itu akan bersidang mulai tanggal 4 Maret.

Kata pejabat Israel ada kemungkinan Netanyahu akan bertemu dengan presiden Amerika Barack Obama dalam kunjungan itu, tapi belum ada konfirmasi dari Gedung Putih apakah hal itu akan terjadi.

Kedua tokoh itu terakhir kali bertemu di sela-sela sidang umum PBB bulan September di New York. Sejak itu Amerika mendesak Israel supaya memberi waktu bagi pelaksanaan sanksi-sanksi ekonomi yang dilancarkan Amerika dan uni Eropa untuk mencegah negara itu membuat senjata nuklir. Iran berkeras bahwa kegiatan nuklirnya hanya ditujukan untuk maksud-maksud damai.

Israel melihat Iran yang bersenjata nuklir sebagai ancaman bagi negara Yahudi itu karena pemimpin-pemimpin Iran telah berulang kali menyerukan penghancuran Israel.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei minggu lalu mengatakan bahwa Israel adalah ibarat kanker yang harus dibuang.

XS
SM
MD
LG