Tautan-tautan Akses

Nepal Pilih Anggota Dewan Konstituante


Seorang warga Nepal memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Bhaktapur, Nepal (19/11).

Seorang warga Nepal memasukkan surat suaranya ke dalam kotak suara di salah satu TPS di Bhaktapur, Nepal (19/11).

Para pemilih dari 27 juta rakyat Nepal akan mendatangi TPS hari ini (19/11) untuk memilih 601 orang anggota Majelis Konstituante.

Pemilihan anggota Majelis Konstituante Nepal baru diselenggarakan untuk yang kedua kalinya sejak berakhirnya perang saudara Nepal tahun 2006. Para anggota Majelis Konstituante Nepal akan bertugas untuk merancang undang-undang dasar yang akan mengakhiri ketidak pastian politik selama bertahun-tahun ini.

Usaha pemilu tahun 2008 menghasilkan beberapa pemerintahan yang tidak berlangsung lama yang gagal menegakkan kestabilan di negara yang beraneka-ragam etnis itu.

Pemilihan hari ini sudah dinodai oleh paling sedikit satu insiden kekerasan. Ledakan di ibukota Katmandu melukai tiga orang termasuk seorang anak. Polisi mengatakan ledakan itu berasal dari sebuah bom di sebuah TPS.

Dalam langkah berjaga-jaga terhadap kekerasan, polisi telah melarang sebagian besar kendaraan di jalan-jalan, yang menyebabkan orang berjalan kaki ke TPS-TPS dan memilih di antara calon dari lebih 100 partai politik. Pemerintah telah memberlakukan hari libur empat hari untuk memberi waktu bagi orang untuk mengikuti pemilihan ini.

Hasil pemilu diperkirakan akan keluar pekan depan setelah penghitungan suara mulai berdatangan dari desa-desa pegunungan yang terpencil di Nepal.
XS
SM
MD
LG