Tautan-tautan Akses

Nepal Akan Kurangi Lalu Lintas ke Gunung Everest


Kelompok pendaki di basis kamp Gunung Everest di Khumbu, Nepal. (Foto: Dok)

Kelompok pendaki di basis kamp Gunung Everest di Khumbu, Nepal. (Foto: Dok)

Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa pemerintah bersama para operator ekspedisi sedang bekerja untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dekat puncak.

Para pejabat Nepal mengatakan pemerintah berencana meminimalisir kepadatan pendaki dekat puncak Gunung Everest setinggi 8.850 meter, yang tersumbat jumlah pendaki dalam periode cuaca baik yang singkat.

Pejabat Kementerian Pariwisata Mohan Krishna Sapkota mengatakan Senin (24/3) bahwa pemerintah bersama para operator ekspedisi sedang bekerja untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dekat puncak.

Sapkota mengatakan tambang-tambang terpisah akan dipasang untuk turun dan naiknya pendaki dekat gunung tahun ini, untuk membantu aliran pendaki, dan pegawai-pegawai pemerintah yang bertugas di basis kamp akan secara ketat mengawasi pendaki sepanjang musim pendakian, pada Maret sampai Mei.

Langkah tersebut menyusul kritikan yang datang selama bertahun-tahun bahwa Nepal kurang melakukan upaya mengelola jumlah pendaki Everest meski mendapat uang jutaan dolar dari sektor tersebut. (AP)
XS
SM
MD
LG