Tautan-tautan Akses

Nelayan Myanmar yang Diperbudak Menanti Kewarganegaraan

  • Associated Press

Para nelayan Myanmar dikumpulkan di kompleks perusahaan Pusaka Benjina Resources di Benjina, Kepulauan Aru, sebelum dipulangkan, April 2015 (Foto: dok).

Para nelayan Myanmar dikumpulkan di kompleks perusahaan Pusaka Benjina Resources di Benjina, Kepulauan Aru, sebelum dipulangkan, April 2015 (Foto: dok).

Ia yakin dirinya berasal dari Myanmar, namun Kedutaan Besar Myanmar mengatakan bahwa karena ia tidak dapat memberikan alamat atau nama saudara, ia harus tinggal di Indonesia.

Seperti lebih dari 2.000 nelayan yang diselamatkan menyusul pemberitaan oleh kantor berita Associated Press yang diikuti investigasi oleh pemerintah Indonesia, seorang pemuda berusia 18 tahun bernama Bing dipaksa bekerja di atas kapal nelayan tanpa bisa kembali ke negara asalnya.

Namun tidak seperti yang lainnya, ia masih belum dapat kembali.

Ditelantarkan oleh orangtuanya di usia muda, ia mengatakan bahwa usianya 12 tahun dan ia tunawisma, mengemis di jalanan Thailand, ketika memutuskan untuk bekerja di kapal pemukat.

Ia mengatakan memiliki jam kerja panjang tanpa bayaran. Ia yakin dirinya berasal dari Myanmar, namun Kedutaan Besar Myanmar mengatakan bahwa karena ia tidak dapat memberikan alamat atau nama saudara, ia harus tinggal di Indonesia.

Dalam kisahnya kepada AP, ia mengatakan tidak tahu asal orangtuanya dari mana, bahkan ia hanya tahu namanya Bing dari panggilan orang-orang kepadanya. Ia tinggal di Ranong di Thailand sebelum dibawa ke kapal nelayan dan diberitahu kapten yang orang Thailand bahwa akan diberi pekerjaan bagus.

Ia tidak tahu akan dibawa ke Indonesia dan ketika sadar, ia memohon untuk dibawa kembali. Sang kapten mengatakan ia tidak memiliki dokumen apapun, jadi tidak bisa kembali. Bing tidak punya dokumen apapun, bahkan akte kelahiran. Ia menghabiskan seluruh waktunya di kapal, dan tidak pernah menerima bayaran.

Bing mengatakan tidak ingin tinggal di Indonesia sendirian. Ia ingin kembali bersama teman-temannya. Ia tidak tahu apakah ia dapat menemukan seseorang di Thailand atau Myanmar, tapi ia ingin kembali. Bing mengatakan tidak tahu bagaimana hidup di Indonesia, dan ia takut berada di sini sendirian. (hd/eis)

XS
SM
MD
LG