Tautan-tautan Akses

4 Negara Raih Medali Emas di Sochi Minggu


Atlet Belanda peraih medali emas Jorien ter Mors merayakan kemenangan dalam kompetisi speedskating nomor 1.500 meter putri di Adler Arena Skating Center, Sochi (16/2). (AP/Pavel Golovkin)

Atlet Belanda peraih medali emas Jorien ter Mors merayakan kemenangan dalam kompetisi speedskating nomor 1.500 meter putri di Adler Arena Skating Center, Sochi (16/2). (AP/Pavel Golovkin)

Jerman memiliki medali emas terbanyak yaitu tujuh medali, disusul Belanda, Norwegia dan Swiss yang masing-masing memiliki lima medali emas.

Empat negara meraih medali emas pada olimpiade musim dingin di Sochi, Minggu (16/2).

Belanda menyapu tiga tempat teratas dalam cabang speedskating perempuan. Atlet Belanda Jorien ter Mors menciptakan sejarah dalam pertandingan di Rusia ini dengan meraih medali emas, mengalahkan dua pesaingnya, Ireen Wush yang difavoritkan dan meraih tempat kedua, serta Lotte von Beek.

Atlet ski Norwegia Kjetil Jansrud memenangkan cabang super-G laki-laki, disusul atlet ski Amerika Andrew Weibrecht dan Bode Miller yang bersaing ketat memperebutkan medali perunggu dengan atlet ski Kanada Jan Hudec. Miller yang berusia 36 tahun menjadi peraih medali tertua dalam cabang ski di olimpiade ini.

Republik Ceko meraih medali emas pertama dalam olimpiade ini ketika Eva Samkova, yang mengenakan kumis palsu tanda keberuntungan, menang dalam cabang snowboarding cross-event perempuan. Medali perak diraih atlet Kanada Dominique Maltais, sementara medali perunggu diraih Chloe Trespeuch dari Perancis.

Swedia meraih medali emas dalam cabang cross-country 10 kilometer laki-laki, sehari setelah atlet perempuan Swedia lainnya memenangkan cabang olahraga tersebut. Rusia meraih medali perak dalam acara yang dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin itu, sementara Perancis meraih posisi ketiga.

Biatlon 15 kilometer laki-laki ditunda hingga Senin karena kabut.

Belanda, yang meraih 17 medali, unggul dalam olimpiade ini, disusul Amerika dan Rusia dengan 16 medali. Namun Jerman memiliki medali emas terbanyak yaitu tujuh medali, disusul Belanda, Norwegia dan Swiss yang masing-masing memiliki lima medali emas.
XS
SM
MD
LG