Tautan-tautan Akses

Negara-negara Kuat Dunia Tawarkan Kembali Perundingan Nuklir Iran


Kepala Kebijakan LN Uni Eropa Catherine Ashton (kanan) menyambut perunding Iran, Saeed Jalili dalam pertemuan di Jenewa tahun 2010.

Kepala Kebijakan LN Uni Eropa Catherine Ashton (kanan) menyambut perunding Iran, Saeed Jalili dalam pertemuan di Jenewa tahun 2010.

Kepala Kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengirimkan surat tawaran kepada Iran untuk memulai kembali perundingan nuklir.

Enam kekuatan dunia telah menawarkan untuk memulai lagi perundingan yang lama macet dengan Iran untuk membahas kecurigaan negara barat mengenai tujuan militer program nuklir Iran.

Kepala Kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan ia mengajukan tawaran untuk memulai kembali perundingan lewat surat yang dikirim kepada utusan nuklir Iran Saeed Jalili hari Selasa.

Ashton telah memimpin perundingan dengan Iran sebagai wakil lima anggota tetap PBB, Amerika, Inggris, Perancis, Tiongkok, Rusia ditambah Jerman.

Dalam suratnya, Ashton mengatakan sasaran enam negara itu adalah “merundingkan solusi jangka panjang untuk memulihkan keyakinan internasional akan tujuan damai program nuklir Iran.

Israel dan negara-negara barat menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir dengan dalih program listrik sipil, tuduhan yang disangkal Iran.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton di Washington hari Selasa sebagai bagian dari serangkaian pembicaraan dengan pejabat dan anggota DPR Amerika mengenai bagaimana menanggapi program nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG