Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Barat Desak Presiden Assad Mundur


Presiden Suriah Bashar al-Assad makin banyak mendapat tekanan internasional untuk mundur.

Presiden Suriah Bashar al-Assad makin banyak mendapat tekanan internasional untuk mundur.

Presiden Obama juga merilis pernyataan hari Kamis yang mengatakan waktunya telah tiba bagi Bashar al-Assad untuk 'menyingkir'.

Amerika, Uni Eropa dan negara-negara kuat di dunia lainnya minta pengunduran diri Presided Suriah Bashar al-Assad karena melakukan tindakan keras mematikan terhadap para pemrotes politik.

Presiden Amerika Barack Obama merilis sebuah pernyataan hari Kamis yang mengatakan waktunya telah tiba bagi Assad untuk “menyingkir.” Dia juga mengeluarkan sebuah perintah eksekutif yang mengumumkan “sanksi yang tidak pernah dikenakan sebelumnya” terhadap Suriah, dalam upaya memperdalam sanksi ekonomi terhadap pemerintahan Assad.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan transisi ke demokrasi telah mulai di Suriah dan sudah waktunya bagi Assad untuk “minggir.”

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mendukung seruan itu dan mengatakan Assad sama sekali telah kehilangan legitimasi di mata rakyat Suriah. Inggris, Perancis, Jerman dan Kanada juga mendesak Assad mengundurkan diri.

Belum ada reaksi segera dari pemimpin Suriah itu. Namun, laporan-laporan media yang dikontrol pemerintah menyatakan hari Rabu Assad memberitahu anggota partai Baath yang memerintah reformasi Suriah nantinya bukan merupakan hasil dari “tekanan asing.”

XS
SM
MD
LG