Tautan-tautan Akses

Negara-negara Amerika Selatan Tolak Sanksi AS Atas Venezuela


Para menteri luar negeri dari negara-negara anggota Serikat Bangsa Amerika Selatan (UNASUR),dalam pertemuan di Kepulauan Galapagos, Ekuador (22/5).

Para menteri luar negeri dari negara-negara anggota Serikat Bangsa Amerika Selatan (UNASUR),dalam pertemuan di Kepulauan Galapagos, Ekuador (22/5).

Sanksi itu dianggap akan melanggar urusan dalam negeri Venezuela dan melemahkan upaya diplomat regional dan Vatikan dalam membina dialog antara pemerintah dan oposisi di sana.

Negara-negara Amerika Selatan menentang proposal di Kongres Amerika untuk memberlakukan sanksi atas Venezuela terkait isu-isu hak asasi manusia.

Para menteri luar negeri dari ke-12 anggota Persatuan Negara-Negara Amerika Selatan pada Jumat (23/5) merilis pernyataan yang mengatakan proposal itu akan melanggar urusan dalam negeri Venezuela dan melemahkan upaya para diplomat regional dan Vatikan dalam membina dialog antara pemerintah dan oposisi di sana.

Pernyataan itu dikeluarkan seusai pertemuan di Ekuador.

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika pada Rabu mendatang dijadwalkan membahas rancangan undang-undang bipartisan yang menetapkan bahwa pemerintahan Presiden Barack Obama harus menolak visa dan membekukan aset para pejabat Venezuela yang melakukan pelanggaran HAM sepanjang kerusuhan tiga bulan ini. RUU serupa sudah diloloskan komisi hubungan luar negeri di Senat.

Pemerintahan Obama mengecam tindakan keras Presiden Venezuela Nicolas Maduro terhadap para demonstran, tapi ingin menunda pengenaan sanksi agar ada waktu berdialog lebih banyak.
XS
SM
MD
LG