Tautan-tautan Akses

AS

4 Negara Eropa Minta Bantuan Ekspor Gas Alam Amerika


John Boehner

John Boehner

Empat negara Eropa tengah meminta Amerika memudahkan mereka mengimpor gas alam dari Amerika supaya mereka bisa mengurangi ketergantungan pada Rusia.

Duta besar Republik Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slovakia mengajukan permohonan itu dalam surat kepada Ketua DPR Amerika, John Boehner dari Partai Republik. Mereka menulis, gas alam Amerika akan lebih diterima dengan baik di Eropa tengah dan timur dan akan menjadi kepentingan kunci Amerika di wilayah tersebut.

Perselisihan sebelumnya mengenai pembayaran gas antara Rusia dan Ukraina menyebabkan Rusia mengurangi pasokan. Saluran pipa yang sama yang membawa gas Rusia ke Ukraina juga memasok gas ke Eropa Timur, menciptakan kekurangan di sana.

Rusia hari Jumat memperingatkan pemerintah sementara Ukraina bahwa kemungkinan akan ada penutupan lagi karena tagihan gas yang belum dibayar.

Boehner hari Sabtu mengatakan ia berharap Presiden Barack Obama akan meminta menteri energi agar segera menyetujui permintaan ekspor gas alam yang tertunda supaya sahabat-sahabat Amerika di Eropa dan seluruh dunia bisa mengurangi ketergantungan mereka pada Rusia.

Gedung Putih mengatakan musim dingin di Eropa menyebabkan pasokan gas di atas rata-rata dan bahwa setiap ekspor baru kemungkinan tidak akan sampai ke Eropa sebelum akhir tahun 2015.
XS
SM
MD
LG