Tautan-tautan Akses

Negara-negara Barat Kecam Suriah karena Tembak Pesawat Turki


Menlu Turki Ahmed Davutoglu mengatakan, pilot pesawat Turki sedang menguji-coba sistem radarnya ketika ditembak jatuh di atas Laut Tengah, Jumat (22/6).

Menlu Turki Ahmed Davutoglu mengatakan, pilot pesawat Turki sedang menguji-coba sistem radarnya ketika ditembak jatuh di atas Laut Tengah, Jumat (22/6).

Menlu AS Hillary Clinton dalam sebuah pernyataan hari Minggu mengatakan, penembakan pesawat tempur itu adalah suatu tindakan kasar yang disengaja oleh Suriah.

Sejumlah negara barat telah mengecam Suriah karena menembak jatuh sebuah pesawat tempur Turki di kawasan perbatasan maritim kedua negara, dan bertekad akan membantu Turki dalam menuntut pertanggungjawaban atas insiden hari Jumat itu.

Kata Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Clinton dalam sebuah pernyataan hari Minggu, penembakan pesawat itu adalah suatu tindakan kasar yang disengaja dan mencerminkan apa yang disebutnya sebagai tindakan Suriah yang tidak menghargai peraturan internasional, nyawa manusia, perdamaian dan keamanan.

Menlu Inggris William Hague mengatakan Inggris siap akan mendorong tindakan Dewan Keamanan PBB yang kuat terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.
Sementara Menlu Italia Giulio Terzi mengatakan, Italia akan memainkan peran aktif dalam pertemuan antara nato dan Turki untuk membahas penembakan pesawat itu hari Selasa.

Kata jurubicara NATO, pertemuan itu diminta oleh Turki sesuai syarat-syarat perjanjian nato yang mengatakan semua anggota pakta pertahanan itu harus melindungi keamanan dan perbatasan negara anggotanya.

Turki hari Minggu menuduh Suriah menembak jatuh jet tempurnya di atas wilayah internasional dan Menteri Luar Negeri Turki Ahmed Davutoglu mengatakan bahwa pilot pesawat itu sedang menguji-coba sistem radarnya ketika ditembak jatuh hari Jumat di atas Laut Tengah. Menurut Menteri Davutoglu, pesawat tempur itu memang berada dalam wilayah udara Suriah tapi hanya sebentar, dan telah meninggalkan kawasan itu 15 menit ketika ditembak jatuh.

Hubungan Turki dan Suriah tegang, karena Turki mengutuk penumpasan terhadap demonstran anti Presiden al-Assad, dan Suriah menuduh Turki memberi senjata dan bahan-bahan intelijen kepada pemberontak di Suriah.

Aktivis oposisi di Suriah mengatakan bentrokan antara pasukan pemerintah dan pemberontak di negara itu hari Minggu telah menewaskan kira-kira 40 orang.
XS
SM
MD
LG