Tautan-tautan Akses

Negara Bagian Rio, Brazil, Hadapi Krisis Keuangan


Stadion Olimpiade Rio di Rio de Janeiro, Brazil (Foto: dok).

Stadion Olimpiade Rio di Rio de Janeiro, Brazil (Foto: dok).

Pernyataan krisis itu membuka jalan bagi pengeluaran dana darurat untuk Olimpiade tanggal 5 sampai 21 Augustus dan Paralympics tanggal 7 sampai 18 September yang akan diadakan di Rio de Janeiro.

Negara bagian Rio di Brazil telah menyatakan negara bagian itu dalam krisis keuangan, kurang dari dua bulan sebelum pembukaan pesta olah raga Olimpiade yang pertama diselenggarakan di Amerika Selatan.

Pernyataan krisis itu membuka jalan bagi pengeluaran dana darurat untuk Olimpiade tanggal 5 sampai 21 Augustus dan Paralympics tanggal 7 sampai 18 September yang akan diadakan di Rio de Janeiro. Sebagian dari proyek penting Olimpiade sangat bergantung pada pemerintah negara bagian.

Francisco Dornelles, penjabat gubernur Rio, mengatakan dalam pernyataaan Olimpiade itu dapat menimbulkan kesulitan pelayanan umum yang sangat penting dan bahkan dapat menyebabkan kegagalan dalam pengelolaan keselamatan umum, kesehatan, pendidikan, angkutan dan lingkungan.”

Ketika ditanya apa yang menyebabkan keadaan menjadi sangat buruk, Dornelles mengatakan “Apa yang terjadi kemarin adalah sejarah. Saya tidak berminat pada sejarah. Saya berminat menyelesaikan masalah sekarang ini.”

Jatuhnya harga minyak sedunia telah menjerumuskan negara bagian Rio ke dalam kesulitan keuangan justru pada saat Brazil mengalami resesi ekonomi. Para pekerja pemerintah dan kaum pensiunan telah menderita penangguhan berbulan-bulan menerima gaji atau tunjangan mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG